Selasa, 14 Maret 2017

TH, Perubahan Nama dan Pendirian Jurusan Baru


FatsOeN, IAIN Senja - Jurusan Tafsir Hadits (TH) IAIN Syekh Nurjati Cirebon berubah nama menjadi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Adanya perubahan tersebut merupakan salah satu upaya IAIN menuju UIN, yang diikuti dengan pembentukan jurusan baru di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Ilmu Hadits (IH). Namun, perubahan tersebut belum bisa diimplementasikan unntuk tahun ajaran 2015-2016, dikarenakan persiapan yang dilakukan belum rampung

“Untuk saat ini, kurikulum yang akan digunakan di kedua jurusan tersebut masih dalam tahap penggodogan,” ujar Hj. Umayah M. Ag, selaku ketua jurusan TH. Jum’at (7/8). Kedua jurusan tersebut baru akan ditawarkan pada masyarakat luas di tahun ajaran mendatang. Lalu, bagi mahasiswa TH semester I dan III, akan ditawarkan untuk memilih satu di antara kedua jurusan tersebut pada semester genap tahun ajaran ini. Ia menambahkan bahwa dari sejak  awal pendirian Prodi TH, telah ada dua  jurusan yang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Kementrian Agama (Kemenag). Namun dari awal pembukaan jurusan, hanya jurusan TH yang diberlakukan. “Sebetulnya sejak pendirian Prodi Tafsir Hadits, di dalam SK sudah ada dua prodi,” ujarnya kembali. Rencananya, kurikulum yang akan disajikan pada jurusan baru tersebut akan berbeda dengan kurikulum yang ada sekarang. Format awal yang akan menjadi acuan pertama adalah kurikulum UIN Sunan Kalijaga (SUKA).

“Panduan atau format awal yang menjadi rujukan kurikulum Ilmu Hadits untuk didiskusikan adalah kurikulum
UIN SUKA, jika ada usulan dari dosen lain maka tidak akan sama persis dengan UIN SUKA,” lanjutnya. Perubahan nama dan pendirian jurusan baru ini telah disetujui oleh Kemenag. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Dr. Hajam, M.Ag menyatakan bahwa, saat ini (20/08) SK tersebut telah diambil dan sudah diberikan pada jurusan. (Riri)

Diambil dari Laman Fatsoen

2 komentar:

Nama :
Komentar :
Saran :